Minggu, 08 Mei 2011

PELAKASANAAN UJIAN NASIONAL TINGKAT SMU KAB. BATUBARA


Laporan ALBAKTI Hasibuan, SIP
Wartawan Tabloid Polmas.

Dunia pendidikan merupakan sebuah dunia yang kalau diartikan dan dikaji dalam berbagai versi merupakan sebuah dunia yang maha luas. Pendidikan bukan saja didapat dari bangku sekolah namun juga pendidikan dapat diperoleh dari luar bangku sekolah, inilah yang sering kita dengar dari berbagai pendapat masyarakat dan pemerhati pendidikan (long life education). Pendidikan dari dalam sekolah akan menghasilkan generasi yang sarat dengan pengetahuan ilmiah, cara pandang yang rasionil serta bersikap layaknya seorang intelektual.

Generasi suatu bangsa yang dianggap sebagai calon pewaris masa depan bangsa sering sekali diukur dengan seberapa besar keberhasilannya dalam mengeyam pendidikan dan seberapa besar suatu bangsa tersebut berhasil dalam mengembangkan dunia pendidikannya. perkembangan yang dimaksu adalah seberapa jauh dunia pendidikan yang dibangunnya dapat sesuai dengan kemajuan dunia masa depan dan seberapa besar dunia pendidikan tersebut dapat menjawab tantangan kehidupan dimasa depan.

Dahulu dunia pendidikan kita selalu mengukur keberhasilan sebuah proses pendidikan melalui kemampuan penguasaan inteletual yang bersumber pada kemampuan kognitif semata. Orang dianggap berhasil dalam pendidikannya kalau nilai ujian mata pelajaran yang diikutinya mendapatkan nilai tertinggi, seiring perkembangan dunia ternyata kemampuan intelegensia semata tidak cukup untuk mengatakan bahwa pendikan telah berhasil. Selain kemampuan intelegensia ternyata dunia tempat kita berpijak pada hari ini membutuhkan kecerdasan yang lain yakni, kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual.

ternyata dunia kita selain membutuhkan kemampuan intelektual kita juga butuh kecerdasan yang dapat menuntun kita pada kearipan, kebajikan, kebijaksaan, keluhuran hati dan kesetiaan kita pada agama dan kepercayaan yang kita anut serta kecerdasan untuk saling menghargai dan saling menghormati.

mari kita sama melihat pelaksaan ujian tingkat SMU sederajat dan tingkat SMP sederajat yang dilaksanakan di KABUPATEN BATU BARA.

UJIAN NASIONAL DI BEBERAPA SMU KABUPATEN BATU BARA

Pelaksanaan ujian yang dilaksanakan mulai tanggal 18-22 mei 2011 di SMU I SEI SUKA berjalan dengan baik. Siswa yang datang pada hari pertama ujian dilaksanakan terlihat begitu optimis bahwa mereka dapat mengikuti dan mengerjakan soal-soal ujian dengan baik. Suasana hening dan serius tertangkap oleh tabloid polmas saat memantau pelaksanaan ujian tersebut.

Dari data peserta ujian yang ada tercatat peserta ujian yang hadi adalah 187 orang siswa dari SMU I SEI SUKA ditambah 17 orang siswa dari SMU ADVENT yang merupakan anggota dari sub-rayon 05 SMA I SEI SUKA.  194 orang siswa tersebut terbagi dalam 17 ruang ujian yang masing masing 11 ruang ujian kelas IPA(Ilmu Pengetahuan Alam) dan 6 ruang ujian kelas IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial).

Menurut Kepala Sekolah SMA I Sei suka Drs. Yahya samadi bahwa, pelaksanaan ujian nasional pada saat ini berjalan baik dan semoga saja sampai hari terakhir berjalan baik. Pelaksanaaan ujian dilaksanakan dengan baik dengan melakukan koordinasi dan kerjasama dengan berbagai pihak dianntaranya dengan pihak kepolisian dalam menjaga keamanan pelaksanaan ujian dan juga dengan pihak UNIMED yang mengirimkan 2 orang pengawas independen serta 26 orang pengawas dari guru yang berasal dari sekolah luar dengan sistem silang murni. Jadi menurut beliau pelaksanaan ujian ini berjalan sesuai dengan ketentuan, terbuka transfaran dan jauh dari kecurangan.

mengenai standart soal ujian kali ini masih dalam standart normal tidak terlalu gampang juga tidak terlalu sulit, karena semua materi yang diajarkan di sini semua sesuai dengan ketentuan kurikulum yang sudah ditentukan. Begitupan dengan standart nialai kelulusan yakni NA(nilai akhir) 5,5 saya rasa tidak akan sulit bagi anak-anak didik siswa kita untuk merihnya.
Tak berselang lama tiga Anggota DPRD Kab. Batubara tiba dilokasi ujian untuk memantau pelaksanaan ujian. Anggota DPRD yang datang kelokasi adalah Paijan (PAN), Poltak Saragih(PDS) dan Danzanul Fadly, S.Ag(PD).

Mengenai pengelolaanujian kali ini ada sedikit berbeda dengan biasanya dimana kalau yang lalu penyusunan soal ujian dilaksanakan oleh Dinas pendidikan maka kali ini soal ujian disusun oleh UNIMED (Universitas Negeri Medan).

Hal senada juga diungkapkan oleh Kepala Sekolah SMU SWASTA MITRA Tanjujng Gading, Drs. Mumammad Nur,MM. beliau mengatakan bahwa kalau dahulu dimasa Dinas Pendidikan yang mengelola Ujian Nasional yang menjadi target utama dari pelaksanaaan ujian adalah terlaksananya ujian dengan sukses dan saat ini setelah adanya kerjasama antara UNIMED dan Dinas pendidikan maka target utama dalam ujian nasional kali ini adalah bagaimana agar pelaksanaannya lebih berkualitas.

SMU MITRA walaupun berstatus swata namun tetap memiliki semangat untuk mencerdaskan anak bangsa, cerdas secara intelektual, emosional dan spiritual. Menjelang ujian ini kami tidak ada memungut biaya apapun termasuk biaya setelah mereka lulus seperti pengambilan ijajah maupun legalisir. Tingkat kelulusan kali ini diharap bisa 100% dan berdasarkan pengalaman 80% siswa yang lulus melanjutkan ke Perguruan Tinggi.

Sekolah ini sarat prestasi terbukti dengan beberapa prestasi yang ditorehkan antara lain:
1.      Juara I Pperpustakaan Tingkat Propinsi SU tahun 2010
2.      Juara II Marching Band Tingkat propinsi SU tahun 2011

Juga setiap tahun memberikan beasiswa kepada siswa berprestasi jenis beasiswa yang diberikan antara lain:
1.      Beasiswa otorita sebesar 750.000-1000000/siswa untuk 5 siswa berprestasi akademik.
2.      BKMM sebesar 750.000-1000.000/ siswa pertahun berdasarkan surat dari keluara miskin.
3.      Yayasan sebesar 400.000/siswa /tahun berdasakan prestasi akademik dan non akademik.

Begitupun dengan pelaksanaan UN di SMK BIDHI DHARMA INDRAPURA  menurut Wakil Kepala Sekolah urusan Kurikulum pelaksanaan ujian berjlan lancar sesuai dengan harapan seluruh siwa dapat mengikuti ujian dengan baik. Keluhan siswa mengenai materi ujian sampai saat ini belum ada yang kita terima itu artinya bahwa ujian kali ini dapat diselesaikan siswa dengan baik.

Kita sama berharap semoga tahun depan siswa yang masuk kesekolah kita akan semakin meningkat secara kuantitas dan kualitas.

Kepala Sekolah SMU I Air putih, Ishak,Spd. menguraikan 228 siswa peserta ujian yang terbagi dalam kelas IPA 113 siswa dan IPS 115 siswa semua hadir. mengikuti ujian dengan baik. Karena mereka semua telah kita anggap sebagai generasi yang mencoba memikul sebuah tanggung jawab tentu kita akan arahkan untuk menjadi manusia yang bertanggung jawab. Tanggung jawab terhadap dirinya keluarga dan lingkungannya.
Pola yang kita kembangkan adalah pendidikan yang berafiliasi pada pembangunan karakter(Charakter Builiding) yang mengarah pada kearifan intelektual dan kebajikan moral serta keluhuran nurani. Sesuai dengan karakter bangsa Indonesia yang bersendikan pancasila.

Harapan dari semua kepala sekolah adalah bagaimana agar siswa yang selepas SMU nantinya dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, atau kalau pun tidak melanjutkan pendidikannya mereka dapat menjadi manusia yang berguna. Seluruh upaya telah kita lakukan agar mereka sukses dalam ujian kali ini kita mengadakan les tambahan diluar jam sekolah bahkan kita juga mencoba berusaha dengan lebih mendekatkan diri kepada Yang Maha Kuasa. Tak heran kita melihat hampir di semua sekolah menjelang ujian mereka menggelar acara yang mendekati kegiatan spiritual meluli do’a bersama, zikkir bersama, tumpengan dan berbagai kegiatan sejenis.
Namun demikian kita akan lihat hasilnya pada pada pengumuman kelulusan pada 16 mei 2011 kalau tidak ada perubahan. kita berharap bisa lulus 100%. Insya Allah.

Komentar Tiga siswi SMA Mitra Tj.Gading Icha, Miskha dan Yunita : Mereka merasa optimis bahwa ujian kali ini mereka bisa lulus dengan baik. mereka sepakat usaha yang mereka telah lakukan adalah upaya maksimal agar mereka dan orang tua mereka tidak kecewa. Sebelum berangkat mereka selalu meminta do’a restu dari orang tua.

Selepas ujian kelulusan mereka tahu bahwa tantangan hidup mereka kedepan semakin sulit, mereka ingin kuliah, mereka ingin bekerja tetapi apakah mereka bisa menemukan yang mereka harapkan?

Selamat berjuang generasi ku kalian akan lepas dari sebuah dunia remaja dan kalian akan masuk pada sebuah dunia baru yang sering di sebut sebagai dunia dewasa…..selamat jalan dunia remaja selamat datang dunia dewasa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar