Jumat, 06 Mei 2011

Untuk Meningkatkan SDM Pekerja DPC KONFEDERASI SPSI KABUPATEN BATU BARA GELAR PENDIDIKAN DASAR * Suriono, ST Dilantik Jadi Ketua DPC K. SPSI Kabupaten Batu Bara


Tanjung Gading (Polmas)

DPC Konfederasi SPSI Kabupaten Batu Bara menggelar Pendidikan Dasar bagi Anggota maupun  Pengurus Pimpinan Unit Kerja (PUK) yang berlangsung dari tanggal 2-3 Mei 2011 bertempat di Gedung MPH PT. Inalum di Tanjung Gading Kecamatan Sei Suka. Pendidikan Dasar SPSI tersebut langsung dibuka oleh Bupati Batu Bara H.OK. Arya Zukarnain, SH.,MM. diikuti 66 peserta berasal dari berbagai Serikat Pekerja Anggota (SPA) yaitu: DPC F.SPTI-K.SPSI Kabupaten Batu Bara 32 peserta, DPC F.SPPP-K.SPSI Kabupaten Batu Bara 20 peserta, DPC F.SPLEM-K.SPSI Kabupaten Batu Bara 8 peserta, DPC F.SPRTMM-K.SPSI Kabupaten Batu Bara 2 peserta, PUK F.SPBPU-K.SPSI PT. Pribumi 2 peserta, dan PUK F.SPKEP-K.SPSI Kabupaten Batu Bara 2 peserta. Turut hadir pada acara pembukaan tersebut DPD Konfederasi SPSI Sumatera Utara, Kadisnaker Kabupaten Batu Bara H. Marah Anda, SH., Ketua Apindo Kabupaten Batu Bara Abdul Aziz, para Pimpinan Perusahaan serta Muspika Kecamatan Sei Suka.

Ketua Panitia Hariadi.HS. dalam laporannya menerangkan bahwa Pendidikan Dasar swadaya SPSI yang dilaksanakan ini disebut Angkatan-I sebab sejak terbentuk pada 10 Januari 2009 lalu, DPC Konfederasi SPSI Kabupaten Batu Bara baru ini kali pertama menggelar program pendidikan dasar Swadaya SPSI secara mandiri. Menurut Hariadi diselenggarakannya pendidikan dasar ini dimaksudkan untuk menambah wawasan dan SDM para pekerja sehingga tercipta disiplin, profesionalisme dan produktifitas kerja yang baik yang pada akhirnya akan mendorong peningkatan kesejahteraan pekerja itu sendiri. Lebih lanjut dikemukakannya bahwa peserta pendidikan dasar ini diikuti oleh anggota maupun Pengurus Pimpinan Unit Kerja dari berbagai perusahaan di Wilayah Kabupaten Batu Bara dengan sumber pembiayaan swadaya dari peserta ditambah bantuan pihak ketiga yang sifatnya tidak mengikat.

Sementara itu Ketua DPC Konfederasi SPSI Kabupaten Batu Bara Suriono, ST ketika menyampaikan sambutannya mengatakan sebagai Serikat Pekerja dengan jumlah keanggotaan terbesar di Indonesia khususnya di Kabupaten Batu Bara, SPSI tetap komit pada upaya perwujudan Hubungan Industrial  yang Harmonis, Dinamis dan Berkeadilan dengan tetap menjadikan meja perundingan (bipartit dan tripartit) sebagai jalan terbaik dalam rangka menyelesaikan berbagai masalah ketenagakerjaan yang dihadapi oleh pekerja maupun pengusaha.”SPSI lebih mengedepankan upaya negosiasi dan dialog melalui meja perundingan untuk menyelesaikan perselisihan hubungan industrial daripada harus turun ke jalan melakukan unjuk rasa, mogok kerja, dan demo secara besar-besaran”, katanya.

Pada kesempatan itu Suriono mengintruksikan kepada 12000 Anggota SPSI di Kabupaten Batu Bara untuk tetap menjadi mitra yang baik bagi pengusaha maupun pemerintah sehingga tercipta iklim dunia usaha yang kondusif yang pada gilirannya akan memacu pertumbuhan ekonomi dan peningkatan kesejahteraan pekerja. Diakhir sambutannya Suriono minta agar melalui Pendidikan Dasar ini Anggota SPSI yang notabene merupakan pekerja dapat semakin dewasa, bijak dan inovatif.

Bupati Batu Bara H. OK. Arya Zulkarnain, SH., MM., dalam arahan dan bimbingannya menyatakan bahwa pekerja yang tergabung pada wadah SPSI merupakan kelompok sasaran yang strategis dan sangat diharapkan kontribusinya membantu Pemerintah Kabupaten melaksanakan berbagai program pembangunan khususnya di bidang ketenagakerjaan. Khusus menyongsong pemberlakuan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di Wilayah Kabupaten Batu Bara pada masa mendatang, Bupati OK. Arya berharap kepada Warga SPSI untuk sejak dini melakukan langkah-langkah persiapan seperti meningkatkan SDM, ketrampilan, wawasan, persatuan dan kesatuan sehingga ketika saatnya tiba SPSI sudah siap menjadi pemain dan bukan penonton di negeri sendiri. “Kita memang berasal dari kampung tapi bukan berarti kita kampungan”, tegas Bupati yang disambut dengan gemuruh tepuk tangan dari peserta dan undangan yang hadir.

Usai meyampaikan arahan dan bimbingannya, Bupati OK. Arya selanjutnya membuka secara langsung program Pendidikan Dasar Swadaya SPSI Angkatan-I Kabupaten Batu Bara yang merupakan petanda dimulainya kegiatan dimaksud. Pendidikan Dasar Swadaya SPSI yang dilaksanakan selama 2 hari itu akan menyajikan berbagai materi dari sejumlah instruktur, yaitu: Materi Hubungan Industrial disampaikan oleh Kadisnaker Kabupaten Batu Bara H. Marah Anda, SH., Materi AD-ART SPSI disampaikan oleh DPD K.SPSI Sumatera Utara Usman Syam, Materi Iklim Dunia Usaha Menjawab Tantangan Globalisasi disampaikan oleh Ketua Apindo Kabupaten Batu Bara Abdul Aziz, Materi Kepemimpinan disampaikan oleh Hakim Ad Hoc PHI Medan M. Raja Manurung, SH., Materi Jamsostek disampaikan oleh Agus S. Sinaga, Teknik Negosiasi disampaikan oleh Ketua DPC F. SPLEM-K.SPSI Kabupaten Batu Bara Ir. Daswirman Damanhuri, M.Sc., dan Materi PPHI serta Administrasi disampaikan oleh Sekretaris DPC Konfederasi SPSI Kabupaten Batu Bara (Suhairi, S.Sos)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar